Komando Daerah Militer (Kodam) XVIII/Kasuari membangun kolam renang Tirta Satya berstandar internasional dengan luas 50x20 meter guna mendukung kemampuan atlet renang di Provinsi Papua Barat.

Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema di Manokwari, Jumat, mengatakan pembangunan kolam renang representatif itu mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat.

“Kolam renang ini dalam rangka untuk memantapkan kemampuan masyarakat di bidang olahraga renang," kata Gabriel saat meresmikan kolam renang Trita Satya.

Pangdam mengapresiasi kepedulian dan kontribusi dari pemerintah daerah setempat dalam setiap tahap pembangunan kolam renang Tirta Satya yang terletak di kawasan Kodam XVIII/Kasuari.

Selain meningkatkan kemampuan atlet renang, kata dia, prajurit TNI dan masyarakat umum juga dapat memanfaatkan kolam renang tersebut untuk menjaga kebugaran fisik.

"Masih terus dilakukan penataan supaya lengkap dengan infrastruktur pendukung lainnya," ucap Gabriel Lema.

Menurut Pangdam, pembangunan fasilitas olahraga yang representatif akan mendukung pengembangan bakat dan potensi atlet di Papua Barat.

Meski demikian, kedisiplinan setiap atlet dalam berlatih perlu ditingkatkan agar mampu bersaing dengan atlet lainnya di Indonesia pada event-event olahraga baik nasional maupun internasional.

"Kehadiran kolam renang ini harus bisa diimbangi dengan kinerja dalam sesi latihan," ucap Gabriel Lema.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam juga mengingatkan agar seluruh prajurit TNI menjaga soliditas dengan anggota kepolisian untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Pelaksanaan tugas pokok TNI harus mampu diimplementasikan semua prajurit dengan maksimal, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dalam kondisi apapun, wilayah tugas kita harus aman, nyaman, dan tenteram. Itu yang paling utama," ujar Gabriel Lema.

Setelah peresmian, Kodam XVIII/Kasuari melanjutkan dengan perlombaan renang bagi anak-anak prajurit, Kowad, dan prajurit dari masing-masing kesatuan.

Turut hadir dalam acara itu, Kasdam XVIII/Kasuari Brigadir Jenderal TNI Yusuf Ragainaga, sejumlah pejabat Kodam, Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari beserta pengurus.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023