Penjabat Wali Kota Sorong George Yarangga pada Kamis melepas 255 calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci dalam acara yang berlangsung di Gedung LJ Kantor Wali Kota Sorong.

Didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sorong Rofiul Amri, Penjabat Wali Kota menandai pelepasan jamaah dengan mengalungkan tanda pengenal kepada perwakilan calon haji.

Ia menyampaikan ucapan selamat kepada calon haji asal Kota Sorong yang mendapat kesempatan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji pada tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi.

"Saya berharap dengan pelaksanaan ibadah haji ini kiranya mampu memberikan kontribusi terhadap kualitas iman yang semakin baik," katanya.

Dia berpesan kepada jamaah calon haji asal Kota Sorong untuk menjaga kesehatan serta saling membantu.

Selain itu, dia mengimbau jamaah agar berdoa untuk keamanan dan kesejahteraan masyarakat Kota Sorong selama menunaikan ibadah di Tanah Suci.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sorong Rofiul Amri menyampaikan bahwa di tingkat kabupaten dan kota penyelenggaraan pelayanan ibadah haji dikoordinasi oleh kepala daerah dan Kantor Kementerian Agama.

"Khusus di Kota Sorong, Penjabat Wali Kota Sorong menjadi koordinator," katanya.

Pemerintah Kota Sorong semula mendapat kuota memberangkatkan 239 orang ke Tanah Suci pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023.

Namun, Pemerintah Indonesia kemudian mendapat tambahan kuota jamaah haji dari Pemerintah Arab Saudi.

Pemerintah Kota Sorong mendapat bagian dari tambahan kuota haji untuk pemerintah pusat, sehingga jumlah calon haji yang diberangkatkan menjadi 255 orang.

"Dari 255 calon haji yang dipersiapkan, semuanya berhasil diberangkatkan," kata Rofiul.

Menurut Rofiul, jamaah calon haji asal Kota Sorong dijadwalkan berangkat ke Embarkasi Makassar di Sulawesi Selatan pada 4 Juni 2023 menggunakan pesawat.

Jamaah calon haji asal Kota Sorong selanjutnya dijadwalkan masuk ke Asrama Haji Makassar pada 5 Juni 2023 pukul 08.00 WIT dan diberangkatkan dari Embarkasi Makassar ke Arab Saudi pada 6 Juni 2023.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023