Rapat kerja Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat membahas sejumlah isu strategis diantaranya usulan memperbanyak rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) orang asli Papua (OAP) di seluruh Indonesia saat penyelenggaraan apat kerja nasional (Rakernas) KNPI pada 25-28 Februari 2022 mendatang.

Ketua DPD KNPI Papua Barat Sammy Saiba di Manokwari, Rabu, mengatakan isu strategis lainnya yang akan diperjuangkan saat Rakernas KNPI mendatang yaitu pembentukan calon DOB Kota Manokwari, pemekaran dari Kabupaten Manokwari.

“Minimal setiap provinsi bisa memberikan kuota dua orang ASN asli Papua, sebagai penegasan otonomi khusus yang merata di seluruh Indonesia," kata Saiba. 

Adapun menyangkut usulan pembentukan calon DOB Kota Manokwari, katanya, sangat penting dalam rangka mendorong percepatan pembangunan di wilayah Manokwari, terutama setelah terbentuknya Provinsi Papua Barat Daya di wilayah Sorong Raya.

"Kami akan mengirim 100 delegasi dari KNPI Papua Barat, kita suarakan sejumlah hal tersebut di tingkat nasional agar menjadi perhatian serius," ujarnya. 

KNPI Papua Barat juga mengagendakan bertemu dengan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, diantaranya Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah sebagai upaya pemuda mewujudkan balai latihan kerja di Papua Barat. 

"Pemuda akan mengawal sampai hadirnya balai latihan kerja di Papua Barat. Harapan kami dengan pelatihan yang diterima pemuda Papua maka bisa menghasilkan generasi yang kompetitif," kata Saiba.

KNPI Papua Barat terus aktif mendukung pemerintah daerah dalam melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo, terutama menjaga ketahanan pangan untuk menekan angka inflasi daerah. 

Dukungan itu dalam bentuk mengelola lahan untuk ketahanan pangan sebagai antisipasi krisis pangan.
 

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023