Pemprov Papua Barat menggelar lomba vocal group musik akustik dan lagu gerejawi dengan melibatkan seluruh gereja di Manokwari untuk menyongsong peringatan ulang tahun perkabaran Injil di Tanah Papua ke-168.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw di Manokwari, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah pada pemuda pemudi Papua Barat dalam pengembangan minat musik gerejawi.

“Pemuda Papua Barat adalah motor penggerak pembangunan, ayo berkreasi, beri variasi, pemuda Papua Barat jangan tampil biasa-biasa saja,” kata Waterpauw saat membuka acara tersebut.

Lomba vocal group ini merupakan salah satu rangkaian acara menuju HUT Perkabaran Injil di Tanah Papua ke-168, pada 5 Februari 2023. Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Program Kemitraan PUPR Papua Barat dan DPD KNPI Papua Barat.

"Saya ingin supaya kita punya musik tradisional hidup kembali sehingga melalui momen HUT PI ke-168 menghidupkan lagi di Tanah Papua lebih khususnya di Manokwari," lanjut Waterpauw.

Sementara itu, Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Papua Barat Sammy Saiba menyebut vokal grup musik akustik sangat erat dengan kehidupan orang Papua, bukan sekedar nyanyian biasa di dalamnya terdapat pesan dan puisi kehidupan.

"Musik akustik khas Papua biasa membawa puisi berisi pesan moral, namun juga bisa membawakan pujian kepada sang pencipta. Hal ini yang mendasari pemilihan lomba dilaksanakan," kata Sammy Saiba.

Diketahui, menjelang perayaan HUT perkabaran Injil, berbagai kegiatan dilakukan di wilayah Manokwari diantaranya lomba yospan, pawai budaya nusantara, serta lomba suling tambur.

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023