Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer (Jampidmil) Kejaksaan Agung RI Laksamana Muda TNI Anwar Saadi melaksanakan kunjungan kerja di Manokwari Papua Barat dalam rangka koordinasi penanganan perkara pidana militer di wilayah kerja Kejati Papua Barat. 
 
"Hari saya di Papua Barat untuk sosialisasi dan mengkoordinasikan tugas serta fungsi JAMPidmil sebagai satuan kerja (satker) baru di institusi Kejaksaan yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 15 tahun 2021," ujar Anwar di Manokwari, Senin. 
 
Ia mengatakan, bahwa tugas pokok Jampidmil yaitu mengkoordinasikan penuntutan perkara yang dilakukan oleh Oditur militer, dan penanganan perkara koneksitas yaitu perkaratindak pidana atau pelanggaran hukum yang pelakunya adalah oknum prajurit TNI bersama-sama dengan masyarakat sipil.
 
"Jadi perlu saya tegaskan kepada seluruh prajurit TNI di Papua Barat agar jangan sampai melanggar hukum akibat pengaruh yang tidak baik," ujarnya.
 
Ia mengatakan, bahwa secara teknis di wilayah Papua Barat tugas dan fungsi Jampidmil Kejaksaan Agung akan dikoordinasikan oleh Asisten Bidang Pidana Militer (Aspidmil) di bawah Kejati Papua Barat.
 
"Di Kejati Papua Barat sudah ada satker Aspidmil, seluruh sarana-prasarana termasuk personel pengawasannya pun sudah disiapkan di bawah pimpinan Kolonel Laut Ridho Sihombing," katanya. 
 
Aspidmil Kejati Papua Barat bertugas mengkoordinasikan antara fungsi kejaksaan dengan fungsi oditural militer termasuk penyidikan perkara pidana yang melibatkan oknum anggota TNI. 
 
"Pada kunjungan ini saya juga memastikan bahwa Aspidmil Kejati Papua Barat siap mengkoordinasikan penuntutan perkara dengan penyidik Polisi Militer (PM), penyidik Polri dan penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) lainnya sebagaimana diatur dalam Hukum Acara Pidana," kata Anwar.
 
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua Barat,Jumiman Hutagaol mengatakan satker Aspidmil Kejati Papua Barat baru terbentuk pada 10 Agustus 2022 difasilitasi satu ruangan kerja di Kantor Kejati Papua Barat di Manokwari.
 
"Bidang pidana militer Kejati Papua Barat baru terbentuk sekitar tiga bulan. Langkah pertama yang dilakukan adalah sosialisasi dan koordinasi membangun sinergi antara sesama aparat penegak hukum di Papua Barat melalui kedatangan JAMPidmil hari ini," kata Juniman.
 
Laksamana Muda (Laksda) TNI Anwar Saadi resmi menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer (JAMPidmil) pertama di Kejaksaan Agung RI setelah dilantik oleh Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin pada 14 Juli 2021 di Jakarta. 

Pewarta: Hans Arnold Kapisa

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022