Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiapkan wilayah Biak sebagai sentra pertanian pangan tanaman cabai di wilayah Timur Indonesia.

"Ada sejumlah lokasi lahan tanaman cabai yang sudah ditanam dan siap dipanen dalam waktu dekat untuk dipasarkan ke berbagai daerah di Provinsi Papua," kata Bupati Biak Herry Ario Naap di Biak, Kamis.

Bupati Herry mengatakan selama ini pasokan cabai yang dijual di Kabupaten Biak Numfor bergantung dari luar daerah karena berasal dari Makassar, Manado dan Surabaya.

Oleh karena itu, melalui panen tanaman cabai yang diproduksi petani binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Biak Numfor, diharapkan pemenuhan kebutuhan dapat diperoleh dari kabupaten lain di Papua dan Papua Barat.

"Rangkaian panen tanaman cabai akan dilakukan minggu depan menutup rangkaian acara semarak Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022," ungkap Bupati Herry.

Selain itu, menurut dia, hasil panen tanaman cabai bisa meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga bagi petani setempat.

Saat ini, sejumlah lokasi tercatat sebagai sentra pertanian cabai di Biak Numfor yakni Distrik Yendidori, Biak Barat, pantai Utara Biak Utara, pulau Numfor dan distrik Biak Timur.

Pewarta: Muhsidin

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022