Karang Taruna Provinsi Papua Barat berkomitmen menjaga dan memelihara keberagaman sesama anak bangsa, serta mendukung berbagai program Pemerintah yang bertujuan mensejahterakan rakyat.
 
"Keberagaman adalah kekuatan kita para pemuda di Papua Barat untuk saling melengkapi membangun daerah ini melalui berbagai program pemerintah secara umum maupun program afirmatif melalui Otonomi Khusus (Otsus)," ujar Armando Idorway selaku Ketua Karang Taruna Provinsi Papua Barat di Manokwari, Rabu.
 
Ia menyatakan bahwa keterlibatan pemuda dalam pembangunan di Papua Barat butuh komitmen dan tindakan nyata dari Pemerintah melalui penyediaan sarana pembinaan dan pelatihan khusus, di luar organisasi kepemudaan.
 
"Pemuda Papua Barat punya potensi, hanya saja belum tersedia wadah pembinaan dan pelatihan untuk mengasah potensi mereka, semoga ini menjadi salah satu perhatian Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw," kata Armando. 
 
Armando Idorway mengusulkan pengaktifan kembali Balai Latihan Kerja (BLK) di Provinsi Papua Barat sebagai wadah pelatihan pemuda yang dipersiapkan menjawab berbagai kebutuhan pembangunan yang sedang berjalan di daerah itu. 
 
Ia juga berharap, pesan-pesan pembangunan dalam event Youth Twenty (Y-20) di Manokwari tidak saja berlalu dalam momentum, tetapi menjadi bagian dari komitmen Pemerintah untuk memupuk keberagaman dan inklusi pemuda Papua Barat dalam bingkai NKRI.
 
"Kita baru saja menjadi tuan rumah event internasional Youth Twenty, semoga komitmen Manokwari yang akan disampaikan dalam G20 dapat pula diterapkan oleh para kepala daerah di Provinsi ini," katanya. 

Pewarta: Hans Arnold Kapisa

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022