Pemerintah Kabupaten Sorong, Papua Barat menggelar 'Gebyar Perpustakaan' guna menumbuhkan minat baca masyarakat agar mengetahui banyak informasi terutama ilmu pengetahuan.

Kegiatan Gebyar Perpustakaan diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah berkomunikasi bersama Bunda Baca dalam rangka memperingati HUT ke-55 Kabupaten Sorong.

Bupati Johny Kamuru di Sorong,Rabu, mengatakan bahwa kegiatan Gebyar Perpustakaan tidak hanya untuk memperingati HUT Kabupaten Sorong tetapi secara umum bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat.

Sebab budaya membaca harus dipupuk dan dipelihara terutama di lingkungan keluarga. Dan peran orang tua penting untuk membangkitkan budaya membaca.

"Pepatah lama menyebutkan membaca merupakan jendela dunia. Ini kalimat bijak yang sangat tepat sebab ketika seseorang tidak membaca maka banyak hal yang tidak diketahui termasuk ilmu pengetahuan sebagai pegangan hidup," kata Kamuru.

Karena itu, katanya, aktivitas membaca sangat penting tanpa mengenal latar belakang dan usia. Sebab dengan membaca maka seseorang kaya akan informasi dan ilmu pengetahuan.

Bunda Baca Kabupaten Sorong, Junita Linda Kraar Kamuru yang memberikan keterangan terpisah, menyatakan bahwa membaca adalah aktivitas positif yang harus dilestarikan di setiap keluarga.

Budaya membaca harus ditanamkan secara dini bagi anak-anak. Dan peran penting orang tua atau orang terdekat untuk menumbuhkan minat membaca sangat penting.

"Saya dulunya kurang tertarik membaca, tapi karena keseringan melihat bapak Bupati sering membaca di rumah, maka saya jadi ikut-ikutan. Dan aktivitas membaca memang harus ditanamkan dan ditumbuhkan di tengah keluarga," ujarnya.

Dalam kegiatan Gebyar Perpustakaan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sorong bersama Bunda Baca diberikan hadiah bagi perlombaan bercerita Rakyat Papua dan lomba Perpustakaan sekolah se-Kabupaten Sorong.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022