Bupati Sorong Jhonny Kamuru mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi COVID-19 di daerah tersebut berjalan lancar dan telah mencapai 24 persen.

"Kami terus melakukan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat agar dapat melaksanakan vaksinasi sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19," kata Bupati Sorong Jhonny di Sorong, Papua Barat, Selasa.

Dia mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sorong terus dilakukan secara berjenjang untuk mencapai target nasional 70 persen.

Dia mengakui bahwa kendala yang dihadapi adalah minimnya kesadaran masyarakat untuk divaksin, terutama mereka yang jauh dari kota.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Distrik dan Kelurahan besar di wilayah ibu kota kabupaten berjalan lancar karena kesadaran masyarakatnya sudah tinggi.

Penduduk di wilayah ibu kota heterogen, sehingga kesadaran untuk vaksinasi tidak diragukan. Kendala saat ini adalah masyarakat yang jauh dari ibu kota yang kesadarannya masih rendah.

"Namun kami terus berupaya melakukan sosialisasi dan edukasi agar vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Sorong tetap berjalan sesuai target nasional," ujarnya.

Ditambahkan bahwa kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Sorong semakin berkurang dan tersisa 10 orang. Karantina terpusat juga sudah ditiadakan karena tidak ada pasien. Serta penanganan kasus COVID-19 di Kabupaten Sorong mendapat apresiasi dari Kapolri dan Panglima TNI yang telah berkunjung ke daerah tersebut.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021