Lantamal XIV  yang dibantu Satgas COVID-19 kota Sorong, Provinsi Papua Barat, menggelar tes acak antigen di Pelabuhan, Kamis malam, mendeteksi satu orang penumpang asal Jakarta positif.

Wadan Lantamal XIV Sorong, Kolonel Laut (P) Yohanis Yulius Tamoni mengatakan bahwa pemeriksaan tersebut merupakan bentuk dukungan TNI AL terutama Lantamal XIV kepada pemerintah dalam hal ini Satgas untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

Dia mengatakan bahwa upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di kota Sorong, Lantamal XIV bersama Satgas COVID-19 serta Pomal TNI AL melakukan deteksi dini di pintu masuk Pelabuhan dengan pemeriksaan antigen secara acak.

"Dari 10 sampel yang diperiksa ditemukan salah satu penumpang asal Jakarta positif dan diserahkan kepada Satgas COVID-19 kota Sorong untuk mengurus lebih lanjut," ujarnya.

Dia tambahan bahwa kegiatan pencegahan ini masih akan dilakukan ke depan di pintu masuk Pelabuhan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Sekretaris Satgas COVID-19 kota Sorong, Herlin Sasabone yang memberikan keterangan terpisah, memberikan apresiasi kepada pihak Lantamal XIV yang telah menginisiasi tes acak antigen di Pelabuhan Sorong sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dari luar daerah.

"Kegiatan ini sangat tepat dan membantu pemerintah daerah dalam hari ini Satgas COVID-19 kota Sorong untuk penanganan pencegahan penyebaran virus Corona terutama varian baru," tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021