Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mengusung pasangan Sius Dowansiba-Moses Rudi F Timisela (SMART) pada Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Manokwari ini telah mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari pada hari pertama tahap pendaftaran, Jumat (4/5).

SMART datang ke kantor KPU di Jl. Merdeka Manokwari dengan mengendarai motor klasik. Keduanya pun dikawal ratusan massa pendukungnya.

Sebagaimana ketentuan yang KPU, pada tahapan ini pasangan bakal calon wajibmengikuti protokol kesehatan COVID-19. Sebelum masuk ke ruang pendaftaran, SMART menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan cuci tangan pada fasilitas yang siapkan KPU. Masker, dan kaus pelindung tangan pun dikenakan

Pasangan ini pun masuk ke ruang sekretariat dikawal tim sukses. Berkas persyaratan diserahkan kepada komisioner KPU. Sedangkan massa pendukung tetap berada di luar.

Komisioner-Divisi Teknis KPU Manokwari Aplena Rummakeuw menyatakan, sesuai hasil pemeriksaan dokumen B1-KWK, pasangan SMART di didukung oleh partai Golkar yang memiliki empat kursi di DPRD Manokwari. Sedangkan PAN dan Gerindra masing-masing satu kursi.

Setelah menerima berkas persyaratan dari pasangan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati tersebut, lanjut Aplena, pihaknya akan melakukan verifikasi secara detail.

Ketua KPU Manokwari, Abdul Muin Salewe, pada kesempatan sebelumnya menyebutkan, tahap pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dibuka selama tiga hari yakni 4 hingga 6 September 2020.

Ia mengatakan, pada hari pertama dan kedua pendaftaran dibuka dari pukul 08:00 WIT hingga 16:00 WIT. Sedangkan pada hari ketiga atau hari terakhir pendaftaran dibuka dari pukul 08:00 WIT hingga pukul 24:00 WIT.
 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2020