Kabupaten Kaimana, Papua Barat terpilih sebagai lokasi pelaksanaan debat publik pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat pada Pilkada serentak 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaimana Candra Kirana di Kaimana, Kamis, mengatakan pihaknya siap menyukseskan debat publik yang akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2024.

"Kami merasa tersanjung dapat terpilih sebagai kabupaten untuk pelaksanaan debat Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat. Kami siap sukseskan tahapan tersebut," katanya.

KPU Kaimana melakukan langkah awal dengan memilih tempat pelaksanaan debat, dengan menawarkan kepada KPU Papua Barat untuk menggelar di Gedung Olahraga (GOR) Jalan Utarom Bantemi.

Menurut dia, lokasi tersebut dipilih KPU Kaimana karena gedung yang biasa digunakan kegiatan massal yaitu Pertemuan Kaimana di Krooy sedang digunakan sebagai tempat pelaksanaan seleksi CPNS.

"Untuk tamu undangan ditargetkan hanya berasal dari unsur Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Papua Barat dan Forkopimda Kaimana," ujarnya.

Meskipun begitu, ia mengajak masyarakat Kaimana untuk memberikan dukungan terhadap kelancaran kegiatan debat tersebut karena Kaimana berhasil terpilih dari tujuh kabupaten di Papua Barat.

Pemilihan Kabupaten Kaimana sebagai lokasi debat paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat tidak terlepas dari keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

"Jumlah yang akan hadir juga pasti terbatas, selain Forkopimda Provinsi dan Kaimana, peserta hanya terbatas dari pendukung paslon gubernur dan wakil gubernur yang ada di Kaimana. Untuk materi debat sendiri disiapkan oleh panelis provinsi," katanya.

Pilkada Papua Barat tahun 2024 diikuti calon tunggal, yakni pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Mohamad Lakotani (DoaMu). Sementara jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilkada 2024 di Papua Barat mencapai 376.548 orang, yang terdiri 189.621 pemilih laki-laki dan 186.927 pemilih perempuan, tersebar di tujuh kabupaten se-Papua Barat.
 

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024