Polda Papua saat ini mengerahkan 10.417 personel untuk mengamankan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) di 29 kabupaten dan kota yang tersebar di empat provinsi.

Kapolda Papua Irjen Pol Patrige Renwarin di Jayapura, Selasa mengatakan, 10.000 an personel itu berasal dari Polres dan Polda Papua.

Polda Papua sendiri menyiagakan 3.832 personel yang saat ini sudah disebar untuk memperkuat polres-polres.

Personel Polri yang tergabung dalam "Satgas Mantap Praja" sudah disebar di polres-polres sehingga dapat langsung dimobilisasi bila terjadi gangguan keamanan.

Selain menyiagakan personel, Polda Papua juga sudah meminta bantuan ke Mabes Polri untuk membantu memperkuat pasukan.

Namun hingga kini belum ada jawaban dari Mabes Polri sehingga Polda Papua berupaya memaksimalkan kekuatan yang ada, kata Kapolda Papua Irjen Pol Patrige Renwarin.

Diakui, hingga saat ini situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua relatif kondusif dan untuk terus terwujud maka pihaknya berharap agar semua pihak termasuk para pasangan calon mengedepankan komunikasi guna mewujudkan pilkada damai.

"Mari kita bersama-sama menjaga keamanan agar tahapan pilkada dapat berlangsung dengan aman tanpa adanya gangguan berarti," ajak Kapolda Papua Irjen Pol Patrige Renwarin.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polda Papua kerahkan 10.417 anggota amankan Pilkada di empat provinsi

Pewarta: Evarukdijati

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024