Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Provinsi Papua Barat menyebut Kelurahan Krooy (Kabupaten Kaimana) dan Kampung Sasirei (Kabupaten Teluk Wondama) lolos perlombaan tingkat nasional tahun 2024.

Kepala DPMK Papua Barat Legius Wanimbo di Manokwari, Jumat, mengatakan Kelurahan Krooy dan Kampung Sasirei akan menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri.

"Dari Papua Barat satu kelurahan dan satu kampung nanti menerima anugerah sebagai kelurahan dan kampung berprestasi," kata Legius Wanimbo.

Sesuai undangan yang diterima, kata dia, temu karya sekaligus penganugerahan kelurahan dan kampung berprestasi tahun 2024 diselenggarakan di Bali pada 7-10 Oktober 2024.

Kelurahan Krooy dan Kampung Sasirey masuk dalam nominasi setelah dilakukan penilaian oleh Tim Verifikasi Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2024 untuk Regional IV.

"Poin yang dinilai itu seperti potensi sumber daya alam, potensi wisata, penyelenggaraan pemerintahan, dan program kelembagaan," kata Legius.

Pemerintah provinsi, kata dia, secara berkala menyelenggarakan pembinaan dan pelatihan bagi aparatur kampung dan kelurahan yang tersebar di tujuh kabupaten se-Papua Barat.

Program penguatan kapasitas aparatur kampung dan kelurahan meliputi penguatan badan musyawarah kampung dan kelurahan, penguatan PKK, penguatan Posyandu, dan lainnya.

"Setelah aparatur kampung dan kelurahan dibekali dengan kemampuan yang baik, maka mereka akan menciptakan inovasi," ujarnya.

DPMK Papua Barat mendorong pembentukan Tim Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) tingkat kabupaten guna mengoptimalkan program pemberdayaan.

Kehadiran Tim P3PD tingkat kabupaten mempermudah koordinasi dan replikasi program pemberdayaan terhadap masyarakat kampung dan kelurahan yang menjadi target sasaran.

"Ini bagian dari upaya menambah jumlah kampung dan kelurahan berstatus mandiri," tutur Legius.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024