PT Pertamina (Persero) bersama Kilang Pertamina Kasim mempermudah akses pembayaran angsuran pendanaan bagi UMKM binaan melalui virtual account sebagai upaya mendukung penuh pertumbuhan mitra binaan untuk terus tumbuh dan naik kelas dalam upaya menggerakkan roda ekonomi.
 
Manager CSR & SMEPP Planning dan Monitoring PT Pertamina (Persero), Fety di Sorong, Kamis, menjelaskan perusahaan akan terus mendampingi setiap mitra binaan untuk mengembangkan usaha serta mendorong UMKM naik kelas dengan layanan akses pembayaran.
 
“Akses pembayaran kini semakin mudah dengan virtual account personal. Ini akan membantu seluruh mitra binaan menunaikan kewajiban agar pencatatan tidak tertukar dan menghindari kredit macet oleh kesalahan pencatatan," jelas dia.
 
Menurut Fety, ini merupakan implementasi dari semangat perusahaan untuk mendukung dan mendorong mitra binaan akan selalu nyata dengan jejaring luas dalam kota, luar pulau, bahkan luar negeri.
 
“Kita terhubung dengan jangkauan luas dan memungkinkan membawa setiap UMKM daerah bisa memasarkan produk di seluruh Indonesia, seperti Rumah BUMN Pertamina di 30 titik di Indonesia,“ bener dia.
 
Area Manager Communication, Relations, CSR, & Compliance RU VII Kasim, Ferdy saputra menerangkan pendanaan UMKM merupakan tanggung jawab perusahaan untuk melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).
 
“Hal ini penting untuk membantu pemberdayaan dan pengembangan UMKM agar menjadi tangguh dan mandiri. Program lain dalam rangka pembinaan UMKM juga kami lakukan dalam bentuk UMKM Academy,” katanya.
 
Ferdy berharap setiap usaha kecil yang dikelola bisa berkembang dan mampu menggerakkan roda perekonomian dan akhirnya menciptakan kesejahteraan secara merata.
 
“Selain itu juga dapat meningkatkan kompetensi, akses pemasaran, peningkatan kualitas produk,” ujarnya.
 
Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) bersama Kilang Pertamina Kasim menyelenggarakan sosialisasi tata cara pembayaran angsuran pendanaan UMKM wilayah Sorong, Papua Barat di Hotel Aston, Sorong pada 24 September 2024 kepada seluruh pelaku UMKM sebagai mitra binaan.
 
RU VII Kasim menjadi bagian dari PT KPI sebagai anak perusahaan Pertamina yang menjalankan bisnis utama pengolahan minyak dan petrokimia sesuai dengan prinsip _Environment, Social and Governance (ESG)_.
 
RU VII Kasim akan terus menjalankan bisnis secara profesional untuk mewujudkan visi KPI yaitu menjadi Perusahaan Kilang Minyak dan Petrokimia berkelas dunia yang berwawasan lingkungan, bertanggung jawab sosial serta memiliki tata kelola perusahaan yang baik.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024