Puluhan pelaku usaha dari kalangan masyarakat asli Papua di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, mengikuti pelatihan kewirausahaan, Senin.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung tiga hari itu dibuka oleh Bupati Teluk Wondama Bernadus Imburi mewakili Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan direncanakan berlangsung tiga hari.

Bupati Imburi menilai pelatihan tersebut sangat penting dan bermanfaat dalam rangka mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan di Wondama.

“Terima kasih banyak kepada Bapak Gubernur dan teman-teman dari Provinsi karena telah melaksanakan kegiatan ini di sini. Kegiatan ini sangat penting bagi kami di Wondama karena kami juga ingin maju seperti daerah-daerah lainnya,“ ujar Imburi.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah para akademisi dari Universitas Papua (UNIPA). Mereka adalah konsultan pada Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Provinsi Papua Bara

Pelatihan yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Papua Barat digelar untuk memperkuat kapasitas sumber daya manusia pelaku usaha kecil dan mikro (UMKM) terutama para wirausahawan Orang Asli Papua (OAP). "Kegiatan ini bertujuan agar wirausahawan OAP mampu bersaing dengan pelaku usaha dari luar," kata Bupati Bernadus. 

Peserta pelatihan antara lain pengrajin tepung sagu, kripik pisang, kerupuk ikan, tas lidi, kerajinan batik papua hingga ternak ayam dan itik. Mereka datang dari sejumlah distrik/kecamatan dan kampung di Wondama.

 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019