Penjabat (Pj) Wali Kota Sorong Bernhard Rondonuwu melakukan kunjungan ke Puskesmas Klasaman di Kelurahan Klawuyuk, Kecamatan Sorong Utara, Kota Sorong, Papua Barat Daya, untuk memastikan pelayanan kesehatan berjalan baik dan maksimal.
 
"Kami ingin pelayanan kesehatan kepada masyarakat di puskesmas berjalan baik dan maksimal," ujarnya di Sorong, Selasa.
 
Dia mengatakan kunjungan kerja itu untuk meninjau langsung proses pelayanan dan fasilitas di puskesmas tersebut, sekaligus pun melihat kebersihan di lingkungan kesehatan.
 
Mantan Pj Bupati Maybrat itu memberikan apresiasi kepada petugas kesehatan di tingkat puskesmas, karena telah melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat dengan baik dan profesional, serta telah menjaga kebersihan fasilitas puskesmas.
 
Karena baginya profesionalisme dan kebersihan fasilitas menjadi dua faktor penting dalam memberikan layanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat. Kondisi puskesmas yang terjaga kebersihannya, kata dia, mencerminkan komitmen tenaga kesehatan terhadap kenyamanan dan keselamatan pasien.
 
“Pelayanan yang baik dan lingkungan yang bersih adalah kunci utama dalam menjaga kepercayaan masyarakat,” ungkapnya.
 
Apresiasi ini diharapkan menjadi motivasi bagi seluruh staf puskesmas untuk terus memberikan pelayanan terbaik.
 
Kunjungan kerja yang dilaksanakan pada 9 September 2024 itu dimanfaatkan juga untuk berdiskusi dengan tenaga medis tentang dominan penyakit yang dialami masyarakat.
 
"Ternyata penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) lebih dominan diderita pasien," ujar dia.
 
Bernhard merasa prihatin dengan tingginya kasus ISPA sehingga ia mengambil langkah strategi lain dengan penerapan sosialisasi dan edukasi secara masif tentang kesehatan kepada masyarakat.
 
Ia mengimbau masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan dengan mengadopsi pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. Dengan demikian penyebaran penyakit, seperti ISPA dapat diminimalisir.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Kota Sorong untuk lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan," ucapnya.
 
Ia juga berharap kepada seluruh petugas di Puskesmas Klasaman untuk terus mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan dan menjaga kebersihan lingkungan.
 
"Kesehatan adalah aset paling berharga, dan upaya menjaga kesehatan harus dimulai dari diri kita sendiri,” kata dia.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024