Wakil Bupati Teluk Wondama, Papua Barat, Paulus Indubri mewajibkan para aparatur sipil negara (ASN) untuk berwisata di daerah tersebut.

"Tidak perlu berwisata ke luar kalau kita punya daerah sendiri lebih bagus. Saat libur kerja bisa luangkan waktu untuk berlibur ke spot-spot pariwisata yang kita miliki," kata wakil bupati di Wasior, Senin.

Ia menyebutkan, bulan lalu ada Festival Pulau Roon dan berharap kegiatan seperti itu rutin digelar dan tidak hanya di Pulau Roon, namun juga di distrik lain.

Menurutnya, festival menjadi sarana untuk mengangkat dan memperkenalkan keindahan alam dan keagungan budaya asli Wondama sebagai pintu masuk menuju kemajuan pariwisata daerah.

“Potensi pariwisata di daerah ini jangan hanya menjadi modal dasar yang diam saja tetapi harus dihitung dan dikelola dengan baik agar bisa memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat Teluk Wondama," ujar Indubri.

Dia menegaskan, jajaran Pemkab harus tampil menjadi motor penggerak bangkitnya pariwisata daerah. Caranya dengan menjadi wisatawan lokal yang rutin berkunjung ke berbagai destinasi wisata di daerah tersebut.

“Jangan liburan ke Jakarta saja, bawa uang itu datang ke sini, terutama kepala OPD, supaya tidak usah buang-buang ke sana tapi cukup kelilingi tempat-tempat wisata di Wondama," kata dia

“Saya dan Bupati (Bernadus Imburi) akan memulai datang ke sini. Saya harap kita memulainya, terus datang berkunjung. Jangan cari ke Bali, jangan cari ke Jakarta. Tidak usaha cari jauh-jauh. Nikmati keindahan alam di depan mata ini," katanya lagi.

Lebih lanjut, Indubri menyatakan aset pariwisata mulai dari wisata budaya, wisata bahari, wisata alam maupun wisata religi menjadi modal sosial yang kuat untuk pembangunan Teluk Wondama di masa datang.

Dia menekankan aspek penting yang tidak boleh dilupakan adalah mengembangkan karakter masyarakat lokal agar menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan.

“Sebuah karakter masyarakat yang diharapkan mampu menciptakan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan bahkan menjadi salah satu daya tarik lebih bagi wisatawan,“ kata orang nomor dua di Teluk Wondama.

Pewarta: Zack T Bala

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019