Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat bersama Kepolisian Resor Kaimana dan ratusan umat Islam di wilayah itu menggelar kegiatan tabligh akbar sekaligus deklarasi Pilkada damai 2024.

Kasubdit Bintibsos Polda Papua Barat AKBP Luqman Pujo mewakili Kapolda Papua Barat di Kaimana, Kamis, mengatakan kegiatan ini merupakan sarana meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Tuhan YME sekaligus mempererat tali silahturahmi guna menciptakan situasi aman dan kondusif menyambut Pilkada serentak 2024. 

"Pilkada sebagai agenda lima tahunan tidak boleh menjadi pintu untuk mempertajam perbedaan. Perbedaan itu akan menjadi indah bila dapat dipersatukan. Memilih pemimpin itu adalah ibadah," kata AKBP Luqman menyampaikan pesan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Edison Isir.

Selain di Kaimana, kegiatan tabligh akbar maupun kegiatan kebaktian kebangunan rohani (KKR) dirangkaikan dengan deklarasi Pilkada damai 2024 juga digelar digelar di beberapa kabupaten lain di Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Menurut Luqman, situasi politik sejak Pilpres dan Pemilu Legislatif lalu masih menghangat, apalagi menghadapi Pilkada.

Sehubungan dengan itu, semua pihak diminta untuk bergandengan tangan memupuk persatuan dan kesatuan dengan tetap tetap menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, meski berbeda pilihan politik.

Sekretaris Daerah Kaimana Donald Wakum mengapresiasi inisiatif Polda Papua Barat dan Polres Kaimana menggelar tabligh akbar dan deklarasi Pilkada damai di Kaimana. 

Pemkab Kaimana juga akan menggelar kegiatan tabligh akbar dan KKR menyambut perhelatan Pilkada 2024.

"Melalui tabligh akbar dan deklarasi Pilkada damai ini kita berharap pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada di Kabupaten Kaimana dapat berjalan aman, lancar dan tertib," kata Wakum. 

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Pertemuan Kaimana itu diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, dilanjutkan dengan deklarasi Pilkada damai dipimpin Kapolres Kaimana AKBP Gadug Kurniawa serta tausiah oleh Ustad Zein Farisa.  

Seluruh umat Islam yang hadir dalam kegiatan itu menerima bingkisan berupa paket bahan kebutuhan pokok.
 

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024