Bupati Teluk Wondama, Papua Barat, Bernadus Imburi menginginkan lebih banyak lagi anak di daerahnya belajar di Sekolah Generasi Indonesia Jaya untuk Semua (GenIUS) untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Ditemui di Wasior, Rabu, Bupati Bernadus berharap lebih banyak lagi putri di daerah berkesempatan mengenyam pendidikan di Sekolah GenIUS yang dikelola oleh Prof Yohanes Surya.

Bupati mengaku kagum dengan pola pendidikan yang diterapkan pada sekolah yang didirikan untuk menampung siswa cerdas dan berbakat istimewa (CIBI) juga siswa dari daerah 3T (tertinggal, terdalam dan terdepan) dari seluruh Indonesia itu.

Saat ini terdapat sembilan siswa asal Wondama yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah GenIUS yang berlokasi di Tangerang, Banten. Pemkab Wondama sejak era kepemimpinan Bupati almahrum Alberth Torey telah membuat nota kesepahaman (MoU) dengan Yayasan Yohanes Surya.

“Saya sudah lihat langsung ke sekolah itu ada 9 anak Wondama. Tapi MoU belum diperbaiki. Saya ingin ada banyak anak Wondama bisa sekolah di sana. Saya harap MoU segera diselesaikan sehingga September itu mereka bisa terima murid (dari Wondama)," ujar Imburi.

Dengan pola pendidikan ala Sekolah GenIUS, Bupati berharap bisa lahir generasi muda Wondama yang cerdas dan berbakat dalam berbagai bidang, sehingga bisa membuat Wondama lebih maju dan hebat di masa mendatang.

"Saya harap tahun ini bisa kirim beberapa anak lagi untuk ikut belajar di sana. Kita tidak akan rugi, anak-anak kita pasti pintar kalau sekolah di sana," kata Imburi lagi.

Ia menambahkan, pendidikan menjadi prioritas pemerintah daerah. Selain memperbaiki mutu pendidikan di Teluk Wondama, Bupati ingin putra daerah mengenyam pendidikan di luar.

"Manfaat lain kalau kita menyekolahkan anak-anak di luar, mereka akan lebih mandiri. Terbiasa hidup jauh dari orang tua dan juga bisa mengenal budaya orang lain," katanya.

Pewarta: Zack Tonu B

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019