Kafilah Distrik (Kecamatan) Manokwari Timur menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)  X tahun 2024 tingkat Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Juara umum ditetapkan 25 dewan hakim MTQ melalui keputusan nomor 02/DH/KEP/MTQ-X/2024 yang diumumkan ketua dewan hakim Muhammad Thalib di Masjid Ridwanul Bahri, Manokwari, Selasa.

"Juara lima besar MTQ  X tingkat kabupaten adalah kafilah Distrik Manokwari Timur dengan poin 49, Manokwari Utara poin 35, Manokwari Barat poin 25, Masni poin 16 dan Manokwari Selatan poin 10," kata Thalib.

MTQ X di Manokwari telah terselenggara pada 2-4 Juni 2024. Sebanyak 174 peserta dari sembilan kafilah distrik di Manokwari mengikuti tujuh cabang lomba dan dinilai oleh 25 dewan hakim.

Bupati Manokwari Hermus Indou dalam sambutannya saat menutup MTQ  X mengapresiasi pada seluruh panitia penyelenggara yang sudah bekerja keras untuk menyukseskan kegiatan religi dua tahunan tersebut.

Selain panitia, Hermus juga mengapresiasi dewan hakim yang sudah melakukan penjurian dengan profesional sehingga terpilih juara yang layak mengikuti kompetisi MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

Sedangkan untuk para pemenang diharapkan tidak berpuas diri tapi terus berlatih mengasah kemampuan untuk mempersiapkan diri mengikuti MTQ tingkat provinsi. Para peserta dari Manokwari diharapkan membawa hasil terbaik pada MTQ tingkat provinsi hingga nasional.

Menurutnya, kegiatan MTQ tidak hanya diukur dari suksesnya penyelenggaraan dan banyaknya prestasi yang diraih namun ada hikmah yang dapat dipetik oleh umat Islam dalam upaya meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Al Quran.

“Hendaknya MTQ tidak hanya dipahami sebagai kompetisi, namun sesungguhnya merupakan salah satu momentum syiar Islam dan pemahaman Al Quran kepada masyarakat khususnya pada generasi muda,” katanya.

Pada kesempatan itu, Hermus juga menyerahkan bantuan dari LPTQ Kabupaten Manokwari kepada rumah tafidz, TPA dan pesantren yang terus berperan aktif mendidik anak-anak menjadi qoriah dan tafids atau penghafal Quran.

Ada delapan yang mendapat bantuan yaitu Rumah Tafidz Umul Quro, TPQ Haji N.N Bauw, Rumah Tafidz Al Mubarok, TPA Masjid Jami Merdeka, TPQ Al Jafar, TPA Mat Laul SP2, TPQ Baitul Amin SP4, pesantren Hidayatullah Manokwari Selatan.
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024