Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Manokwari, Papua Barat mengganti delapan pengawas pemilu kecamatan (panwascam) guna pengawasan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Ketua Bawaslu Manokwari Samsudin Renuat di Manokwari, Sabtu, mengatakan penggantian tersebut berdasarkan evaluasi penilaian kinerja panwascam di lapangan pada Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

"Dari 27 panwascam pada sembilan distrik (kecamatan) di Manokwari setelah dilakukan evaluasi hanya 19 orang yang memenuhi syarat untuk dipertahankan," kata Samsudin.

Kedelapan Panwascam yang diganti adalah dua orang di Distrik Manokwari Barat, dua orang di Distrik Tanah Rubuh, satu orang di Distrik Sidey, satu orang di Distrik Manokwari Utara, satu orang di Distrik Manokwari Timur dan satu orang di Distrik Masni.

Ia menjelaskan Bawaslu tidak melakukan penggantian seluruh Panwascam. Bawaslu melakukan evaluasi seluruh anggota Panwascam dan hanya mengganti Panwascam yang tidak memenuhi syarat.

Model rekrutmen Panwascam sesuai petunjuk teknis (juknis) dari Bawaslu RI yaitu Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor 224.1.1/ HK.01.01/K1/04/2024 tentang Pedoman Pelaksanan Pembentukan Panwaslu Kecamatan.

Evaluasi Panwascam dilakukan berjenjang, dimulai tanggal 23-27 April 2024 untuk penerimaan dan verifikasi berkas sekaligus penilaian dari Bawaslu Manokwari, lalu tahapan konsultasi pada Bawaslu Provinsi Papua Barat untuk penilaian pada 28 April hingga 1 Mei 2024.

Keputusan penilaian evaluasi kinerja dari Bawaslu Provinsi Papua Barat dikeluarkan tanggal 2 Mei 2024 melalui Surat Ketua Bawaslu Papua Barat nomor: 150/KP.01/K.PB/05/2024. Surat itu menyatakan 19 Panwascam memenuhi syarat dan dipertahankan.

"Setelah adanya keputusan tersebut, Bawaslu Manokwari membuka pendaftaran Panwascam secara luas untuk warga Manokwari tanggal 3-7 Mei 2024," ujarnya.

Ia mengatakan, pada perekrutan baru tersebut, selain mencari pengganti delapan Panwascam, Bawaslu juga mencari tiga orang cadangan untuk masing-masing distrik. Jika kuota pendaftar tidak terpenuhi, maka rekrutmen diperpanjang hingga 8 Mei 2024.

Menurutnya, Bawaslu sangat selektif dan berhati-hati dalam melakukan evaluasi kinerja Panwascam maupun proses rekrutmen nantinya. Hal itu dikarenakan intensitas Pilkada di Manokwari cukup rawan.

Setiap anggota Panwascam harus dapat melakukan pengawasan dengan baik sesuai tugas dan fungsi sehingga Pilkada di Manokwari dapat berjalan baik.

"Jangan sampai kita salah rekrut, karenanya kita melihat rekam jejak calon anggota Panwascam dan kita hanya merekrut orang yang tidak pernah berafiliasi dengan parpol, kita akan cek di Sipol," ujarnya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024