Kepolisian Resor Kota (Polresta) Manokwari, Papua Barat, mengerahkan 70 personel untuk mengamankan perayaan ibadah Paskah 2023 di wilayah tersebut.

Kepala Bagian Operasi Polresta Manokwari Komisaris Polisi Wisnu Prasetyo di Manokwari, Rabu, mengatakan puluhan personel kepolisian nantinya akan disebar ke 11 gereja selama empat hari terhitung sejak 28-31 Maret 2024.

"Pengamanan dilakukan selama empat hari, dimulai dari ibadah malam Kamis Putih sampai dengan ibadah hari Minggu Paskah," kata Wisnu.

Menurut dia. pengamanan Paskah 2024 juga melibatkan personel dari unsur TNI, pemerintah daerah setempat, dan organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Manokwari.

Situasi dan kondisi Manokwari menjelang perayaan Paskah terpantau kondusif, meski demikian kepolisian tetap mengantisipasi potensi gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat (kamtibmas) yang bakal terjadi.

"Ada juga personel yang melakukan patroli untuk mencegah adanya gangguan kamtibmas," ucap Wisnu.

Dia mengimbau agar seluruh elemen masyarakat di Manokwari turut berkontribusi dalam memelihara keamanan daerah, sehingga pelaksanaan ibadah Paskah 2024 berjalan sesuai ekspektasi bersama.

Kepolisian juga berpesan agar setiap umat beragama harus saling menghormati demi merawat nilai toleransi dan harmonisasi kehidupan yang telah terpelihara hingga pada masa mendatang.

"Kami mengimbau agar semua masyarakat tetap saling memelihara nilai-nilai toleransi dan kerukunan antarumat beragama dengan sikap saling menghargai satu sama lain," ujar Wisnu Prasetyo.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024