Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Papua Barat Daya berencana membangun gedung galeri produk usaha mikro kecil menengah sebagai upaya membantu pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka.

Menurut Kepala Dinas Koperindag Papua Barat Daya Dr. Suardi Thamal,  kehadiran galeri produk ini merupakan realisasi dari komitmen pemerintah untuk memberdayakan pelaku UMKM supaya produk mereka bisa mendapatkan ruang untuk dipasarkan secara baik dan optimal.

"Nanti setiap produk UMKM akan ditampilkan di situ, supaya ketika ada yang datang berkunjung semacam wisatawan lokal bisa membeli sebagai oleh-oleh," jelasnya di Sorong, Selasa.

Dia yakin bahwa galeri produk itu akan sangat membantu para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk mereka sehingga nantinya selain mendapatkan keuntungan nama produk mereka juga semakin dikenal kalayak umum.

Sebelumnya, kata dia, Koperindag telah mengusulkan pembangunan gedung itu kepada pemerintah pusat namun belum diakomodasi. Meski demikian Koperindag akan tetap mendorong pembangunan gedung itu untuk masuk ke kementerian terkait.

"Memang kemarin kami sudah usulkan karena biasanya persyaratan pembangunan itu pertama adalah punya sertifikat, supaya jangan sampai mereka meluncurkan bantuan pembangunan tiba-tiba ada masalah di depan. Karena memang kami terlambat informasi akhirnya tidak sempat masuk ," ujarnya.

Kendatipun demikian, Koperindag akan tetap memperjuangkan pembangunan gedung galeri itu supaya terwujud, sehingga nantinya menjadi wadah strategis bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka.

Dinas Koperindag sebagai pembina UMKM berkomitmen untuk memberikan perhatian kepada setiap UMKM untuk tumbuh dan berkembang dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Papua Barat Daya.

Dia mengakui bahwa saat ini fokus kerja yang harus dilaksanakan adalah melakukan pendataan terhadap pelaku UMKM di Papua Barat Daya.

"Karena ini daerah baru sehingga kami masih melakukan pendataan berapa banyak pelaku UMKM dan produk unggulan. Dari situlah nantinya kami petakan," katanya.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024