Pemerintah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, menyerahkan dana hibah sebesar Rp7,5 miliar kepada kepolisian resor setempat untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Penyerahan dana hibah itu ditandai dengan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang dilakukan Pelaksana Harian Bupati Sorong Cliff Japsenang dan Kepala Polres Sorong AKBP Yohanes Agustiandaru pada Rabu.

Cliff Japsenang menjelaskan penandatangan NPHD ini menunjukkan dukungan pemerintah daerah untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 berjalan lancar, aman, damai, dan berkualitas.

"Dana pengamanan itu Rp7,5 miliar telah disepakati bersama melalui penandatanganan NPHD," katanya.

Penyaluran dana pengamanan pilkada dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap pertama sebesar Rp4 miliar dan tahap kedua Rp3,5 miliar.

Selain penyerahan dana pengamanan, Pemkab Sorong juga menyerahkan bantuan fasilitas transportasi berupa dua unit longboat dengan mesin berukuran 40 PK kepada Polsek Beraur dan Seget guna memaksimalkan pelayanan dan pengamanan di wilayah itu.

Kepala Polres Sorong AKBP Yohanes Agustiandaru menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sorong yang telah memberikan dukungan dana pengamanan dan bantuan fasilitas transportasi.

"Saya atas nama jajaran Polres Sorong menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas komitmen pemerintah daerah untuk menyukseskan Pilkada 2024," katanya.

Polres Sorong akan merasionalisasikan dana itu sesuai dengan kebutuhan sehingga nantinya bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan pengamanan di wilayah itu.

Khusus untuk pengamanan Pemilu 2024, Yohanes menyebutkan Polres Sorong menyiapkan sekitar 350 personel. "Selain itu, kita juga minta BKO dari Satuan Brimob Polda Papua Barat," tambahnya.

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2024