Kodim 1801/Manokwari, Papua Barat, menyerahkan hasil program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104 di Kampung Ukopti Distrik Tanah Rubuh kepada pemerintah daerah.

Penyerahan dilakukan Dandim 1801/Manokwari, Letkol inf Hendriek Paulus Mote kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari Aljabar Makatita ada upacara penutupan di halaman Kantor Distrik, Rabu(27/3).

Penandatanganan naskah berita acara penyerahan hasil program TMMD ini disaksikan oleh Danrem 181/PVT Brigjen TNI Ignatius Yogo Triono.

Amanat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) yang dibacakan  Danrem, TMMD Ke-104 tahun 2019 di kampung tersebut berjalan aman dan lancar. Seluruh program yang ditargetkan bisa diselesaikan tepat waktu.

Selain Manokwari, program serupa juga dilaksanakan di 49 kabupaten/kota lain di Indonesia. Semua ini berjalan atas dukungan pemerintah daerah, termasuk Pemkab Manokwari.

Pada tahun 2018, TMMD yang diprogramkan untuk digekar dalam tiga kali. Ini wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lain untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah.

KASAD mengajak seluruh elemen masyarakat bekerja sama-sama membangun daerah. Ini bagian dari upaya mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya. 

Untuk itu, selama di lokasi TMMD para Prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat, menyebarkan semangat gotong-royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan. 

Pada TMMD di Kampung Ukopti, TNI membuka dan membangun jalan sepanjang 600 meter dan membangun tiga unit rumah tipe 45. TNI juga melaksanakan program nonfisik berupa penyuluhan dengan sejumlah materi yang berbeda.

Selain TNI dan FKPPI, program ini juga melibatkan Polri. Pelibatan Polri untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hukum serta Kamtibmas.***
 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2019