Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan, Provinsi Papua Barat Daya membangun infrastruktur jalan sepanjang enam kilo meter di Kampung Demen, Distrik Konda guna mengoptimalkan pertumbuhan ekonomi di wilayah itu.
 
Kepala Dinas PUPR Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan Alfius Way di Sorong Selatan, Rabu, menjelaskan Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan telah menganggarkan pembangunan infrastruktur jalan itu senilai Rp12 miliar yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2023.
 
"Kita sudah anggarkan pembangunan jalan itu, dan dipastikan akan selesai pada tahun ini," katanya.
 
Pembangunan ruas jalan di Kampung Demen itu, kata dia, adalah sangat perlu karena wilayah itu merupakan daerah penghasil perikanan.
 
"Wilayah itu merupakan strategis karena merupakan wilayah penghasil perikanan sehingga perlu mendapatkan perhatian supaya potensi perikanan itu boleh meningkatkan ekonomi masyarakat setempat," bebernya.
 
Selain pembangunan infrastruktur di Kampung Demen, pemerintah setempat pun mendapatkan dukungan dana dari Pemerintah Pusat senilai Rp45 miliar untuk pembangunan ruas jalan nasional dari Moswaren menuju Atori, Distrik Moswaren, Kabupaten Sorong Selatan.
 
"Ruas jalan ini ditangani langsung Balai Bina Ruang Papua Barat yang nantinya akan menghubungkan ruas jalan menuju salah satu perusahaan sagu di wilayah itu," katanya.
 
Ini, kata dia, sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menghidupkan rantai pertumbuhan ekonomi di setiap wilayah di Kabupaten Sorong Selatan.
 
"Pembangunan ini hanya satu tujuan yakni menghidupkan pertumbuhan ekonomi karena akses ekonomi di setiap wilayah akan terakomodasi secara maksimal," ungkapnya.
 
Karena itu dia berharap kepada seluruh masyarakat untuk mendukung pembangunan jalan ini dengan cara tidak memalang proses pekerjaan itu sehingga nantinya pembangunan itu berjalan aman dan tercapai secara baik dan maksimal.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023