Warga Kelurahan Pasir Putih, Distrik Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari, Papua Barat menggelar lomba Tari Yosim Pancar (Yospan) untuk menyemarakkan HUT ke 78 Kemerdekaan RI. 

Bupati Kabupaten Manokwari Hermus Indou saat membuka kegiatan yang digagas pemuda Karang Taruna Pasir Putih Manokwari, Selasa, mengapresiasi kepedulian generasi muda setempat untuk melestarikan budaya daerah.

"Melalui perlombaan Yospan ini membuktikan bahwa orang Papua kaya akan budaya. Kegiatan serupa harus dilestarikan dan diwariskan turun-temurun terutama pada generasi muda kita,” kata Hermus.

Lomba Tari Yospan di Pasir Putih Manokwari itu diikuti 15 grup Yospan se wilayah Distrik Manokwari Timur. 

Bupati mengajak generasi muda Manokwari Timur yang tergabung dalam wadah Karang Taruna Pasir Putih semakin produktif dan aktif dalam berbagai kegiatan yang memberikan manfaat positif. 

“Karang taruna harus bisa jadi organisasi pemuda yang produktif dan aktif membina pemuda pemudi di Kelurahan Pasir Putih. Mereka adalah garda terdepan mitra pemerintah untuk membangun daerah ini,” ujar orang nomor satu di Kabupaten Manokwari itu.

Yospan merupakan tari pergaulan yang menjadi budaya orang asli Papua. Karenanya, kata Bupati Manokwari, Tari Yospan harus terus dijaga kelestarian-nya dan dikenalkan kepada pemuda sejak dini. 

“Masa depan generasi muda kita harus dijaga dengan hal-hal positif. Jangan sampai pemuda pemudi kita justru terpengaruh penyakit sosial seperti minuman keras, seks bebas, narkoba dan lainnya,” kata Hermus. 

Sebagai bentuk dukungannya pada perlombaan tersebut, Bupati Manokwari memberikan bantuan dana Rp10 juta untuk Karang Taruna Pasir Putih. 
 

Pewarta: Ali Nur Ichsan

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023