Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw menyerahkan Surat Keputusan Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris DPR Provinsi Papua Barat kepada Jasad Kadarusman menggantikan Frengky K. Muguri yang tersandung kasus dugaan korupsi.

"Jasad Kadarusman adalah orang lama di Sekretariat DPR," kata Paulus Waterpauw di Manokwari, Rabu.

Pelantikan Plt. Sekretaris DPR Provinsi Papua Barat, kata dia, akan diselenggarakan bersamaan dengan pelantikan Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Barat dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) pada lingkup pemerintah provinsi.

Gubernur mengingatkan agar sekretaris dewan yang baru melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan meningkatkan sinergi kolaborasi dengan seluruh anggota DPR Provinsi Papua Barat.

"Patuh dan taat terhadap semua peraturan. Jalin komunikasi efektif dengan semua staf sekretariat, ketua dan anggota DPR Provinsi Papua Barat," ujarnya.

Dikemukakan pula bahwa ada tiga nama calon sekretaris dewan yang diusulkan beberapa waktu lalu oleh Ketua DPR Provinsi Papua Barat Orgenes Wonggor, termasuk Jasad Kadarusman.

Penunjukan pelaksana tugas sekretaris dewan, kata Gubernur, tentunya memperhatikan sejumlah kriteria demi mendukung kelancaran operasional dan tugas kedewanan.

"Ada usulan dari semua fraksi dari DPR Provinsi Papua Barat terkait dengan pengisian jabatan sekwan yang kosong," tutur Paulus Waterpauw.

Ketua DPR Provinsi Papua Barat Orgenes Wonggor mengingatkan kepada Plt. Sekretaris DPR Provinsi Papua Barat yang baru untuk menerapkan manajemen pengelolaan keuangan secara akuntabel dan transparan supaya operasional sekretariat kedewanan berjalan lancar.

Orgenes Wonggor mengapresiasi respons cepat pemerintah provinsi yang telah menerbitkan SK Plt. Sekretaris DPR Provinsi Papua Barat setelah menerima usulan tiga nama.

"Jangan lakukan segala bentuk penyimpangan atau penyelewengan anggaran yang dikelola," tegas Orgenes.

Pewarta: Fransiskus Salu Weking

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023