Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah berharap melalui peringatan hari lingkungan hidup sedunia 2023 masyarakat di daerah itu dapat berkomitmen untuk "memerangi" sampah plastik.

"Sesuai tema hari lingkungan hidup sedunia 2023 yakni "Beat Plastic Pollution" diharapkan ada komitmen bersama termasuk untuk penanganan sampah di dalamnya pengolahan dan pengurangan sampah plastik," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan dan Pertanahan Pemprov Papua Tengah Yan Richard Pugu di Nabire, Minggu.

Pemprov Papua Tengah bersama PT Freeport Indonesia akan melaksanakan aksi jalan santai sambil gerebek sampah dalam rangka memperingati hari lingkungan sedunia di Kabupaten Nabire pada 5 Juni 2023.

Menurut Pugu, rangkaian kegiatan memperingati hari lingkungan hidup sedunia pihaknya akan menggelar pesta rakyat dan membagikan kupon berhadiah dengan hadiah utama ialah motor listrik.

"Ini juga merupakan bagian dari upaya Pemprov Papua untuk mengurangi emisi udara," ujarnya

Dia menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah melaksanakan lomba kebersihan lingkungan tingkat SD, SMP dan SMA se Kabupaten Nabire dan pasar serta antar kelurahan dan kampung di daerah itu.

Dia menambahkan, pada puncak hari lingkungan sedunia di Kabupaten Nabire juga dilakukan aksi pembersihan sampah plastik di sepanjang Pantai Nabire dan penanaman anak pohon secara simbolis oleh PT Freeport Indonesia bersama forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat.

"Kemudian dilakukan peluncuran peraturan gubernur tentang kebijakan dan strategi daerah dalam pengolahan sampah rumah tangga," katanya.

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2023