Pemerintah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat melatih sebanyak 84 pelaku UMKM guna meningkatkan kemampuan pemasaran produk secara daring atau digital marketing.

Pelatihan yang berlangsung 22-26 Oktober 2022 bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Kabupaten Sorong, guna meningkatkan wawasan pelaku UMKM bidang kuliner untuk berkembang lebih maju.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangun Kabupaten Sorong, Suroso di Sorong, Senin, mengatakan bahwa pelatihan pemasaran ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM agar mempromosikan dan memasarkan produk dengan baik.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk intervensi pemerintah daerah untuk memajukan UMKM sekaligus upaya untuk pengendalian inflasi di daerah.

Dikatakan bahwa saat ini pengendalian inflasi menjadi fokus pemerintah dari pusat sampai daerah sehingga penguatan terhadap UMKM menjadi perhatian serius agar menghasilkan produk-produk pangan unggul yang mempunyai nilai tambah bagi peningkatan ekonomi masyarakat pelaku usaha tersebut.

"Semoga dengan pelatihan ini, UMKM di Kabupaten Sorong semakin berkembang maju di bidang pemasaran agar produk-produk lokal kabupaten Sorong bisa bersaing di pasar luas," ujarnya.

Wakil Rektor Satu Universitas Pendidikan Muhammadiyah Kabupaten Sorong, Mukhlas Triono yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak hanya tanggung jawab pemerintah daerah semata tetapi semua komponen bangsa yang ada di daerah tersebut termasuk perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan.

Karena itu, pihaknya membantu pemerintah daerah meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para pelaku bisnis kuliner dengan memberikan pelatihan pemasaran.

Sebab berbagai produk unggulan UMKM di Kabupaten Sorong terutama kuliner pangan dengan bahan baku lokal seperti sagu dan ubi jalar mengalami kesulitan untuk memasarkan produk tersebut secara luas ke luar daerah.

Ia berharap agar para pelaku UMKM bisa mendapatkan manfaat dari pelatihan yang dilakukan terutama peningkatan pengetahuan tentang pemasaran secara digital.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022