Dinas Kesehatan atau Dinkes Pemerintah Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat menurunkan tim dokter keliling untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat di daerah pedesaan Distrik Mare Selatan.

Koordinator Tim Dokter Dance Sraun di Maybrat, Jumat, mengatakan bahwa tim telah melakukan pelayanan bagi masyarakat Distrik Mare Selatan yakni Kampung Sidi, Kampung Sire, Kampung Sire Timur, Kampung Renis dan Kampung Sabes.

Menurutnya, pelayanan kesehatan yang dilakukan adalah penyuluhan tentang perilaku hidup bersih dan sehat atau disingkat PHBS bagi anak-anak kelompok rentan.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis bagi masyarakat pada lima kampung di Distrik Mare Selatan Kabupaten Maybrat tersebut.

Ia menjelaskan bahwa lima kampung tersebut jadi prioritas sebab pernah mengalami banjir bulan lalu. Pemeriksaan kesehatan dilakukan agar mencegah gangguan kesehatan yang dialami masyarakat pascabencana banjir tersebut.

Masyarakat setempat sangat antusias untuk mendatangi petugas medis guna mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis langsung di perkampungan.

"Antusias masyarakat karena menganggap bahwa kesehatan adalah hal penting dalam hidup. Serta merupakan satu kebutuhan wajib," tambah dokter Dance.

Tim dokter keliling antara lain Dokter Dance Sraun dari puskesmas Ayamaru Timur, Dokter Jhoni M.Lemauk dari Puskesmas Aitinyo, Dokter Wenny Kalami dari puskesmas Ayamaru Utara, Dokter Samuel Sembor dari Puskesmas Ayamaru Selatan, Dokter Anisa dari puskesmas Aifat dibantu lagi 3 orang tenaga perawat dari Puskesmas Mare kabupaten Maybrat.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022