Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja menyatakan, kondisi keamanan di daerah tersebut cukup kondusif menjelang perayaan Natal tahun 2018.

Polda Papua Barat, pada Senin (17/12) menggelar rapat koordinasi teknis sektoral pengamanan Natal 2018. Berbagai Instansi dan pemuka agama hadir pada rapat yang digelar di Manokwari tersebut. 

Kapolda mengatakan, koordinasi lintas sektor sangat dibutuhkan demi pelaksanaan tugas yang baik. Pelayanan kepada masyarakat menjadi hal yang utama. 

‘’Sejauh ini Papua Barat sangat aman, namun kita perlu persiapan lebih matang agar masyarakat bisa merayakan Natal dan tahun baru secara nyaman," kata dia.

Ia menjelaskan, Polri sebagai penanggungjawab pengamanan berharapkan kepada masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas. Menciptakan rasa aman menjadi tanggung jawab bersama. 

‘’Masyarakat bisa mengemban fungsi kepolisian, misalnya kalau tinggalkan rumah pintu rumah dikunci dan peralatan listrik semua dimatikan, seperti setrika dicabut. Itu sudah bagian dari pelaksanaan fungsi Kepolisian," sebut Rodja.

Ia menegaskan, jajarannya akan meningkatkan operasi Lilin Mansinam 2018. Razia minuman keras akan lebih intensif dilaksanakan hingga penghujung tahun 2018.

Polda Papua Barat akan bersiaga secara penuh untuk mencegah berbagai potensi gangguan, kecelakaan serta kejadian luar biasa yang dapat mengganggu perayaan Natal.

Dia juga meminta kepada pemerintah daerah untuk menyiagakan mobil pemadam kebakaran selama perayaan Natal dan Tahun Baru. Polda dan Polres serta Sat Brimob akan menyiapkan mobil water canon mengantisipasi kebakaran.

"Mobil pemadam harus disiagakan bukan dikantor, tapi di titik yang rawan kebakaran. Kami pun akan menempatkan mobil water canon Posko Natal," sebutnya lagi.

Kepala Biro Operasional Polda Papua Barat Kombes Pol Mohamad Sagi pada kesempatan itu menyebutkan, Polda bersama Polres menyiapkan ribuan personil untuk pengamanan Natal dan tahun baru. 

Obyek yang menjadi sasaran pengaman yakni Gereja, pelabuhan, Bandar Udara, Pasar, tempat pariwisata serta tempat keramaian lainya.
 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018