Pemerintah Kabupaten Kaimana, Papua Barat menggandeng para pakar dari Universitas Udayana Bali dalam menyusun rencana induk (master plan) untuk pengembangan kawasan wisata Teluk Triton di Distrik Kaimana.

Bupati Kaimana Freddy Thie di Kaimana, Kamis, menjelaskan penyusunan rencana induk pengelolaan kawasan wisata Teluk Triton telah berjalan 80 persen.

Kawasan wisata Teluk Triton menjadi destinasi unggulan Kaimana untuk dapat meningkatkan perekonomian daerah lantaran memiliki panorama indah tidak kalah dari Raja Ampat yang kini masuk menjadi salah satu wisata premium di Indonesia.

“Kalau rencana kerja sudah selesai akan diajukan ke DPRD Kaimana agar disetujui menjadi peraturan daerah (Perda). Kalau sudah jadi Perda, pejabat bupati atau Dinas Pariwisata Kaimana harus mengelola dan mengembangkannya sesuai itu," ujar Freddy.

Freddy berharap masyarakat Kaimana mendukung Pemkab Kaimana dalam memajukan pariwisata. Masyarakat di Kaimana dimintanya aktif untuk terlibat sesuai tugas dan peran masing-masing.

“Dukungan dari kita semua, baik pemerintah daerah, DPRD, masyarakat maupun seluruh pemangku kebijakan yang ada di Kabupaten Kaimana sangat kami harapkan untuk kemajuan pariwisata di kabupaten ini,” jelas Freddy.

Pemkab Kaimana sebelumnya juga mendatangkan para pakar dari Institut Pertanian IPB) untuk menggarap rencana induk pengembangan potensi perikanan daerah itu.

Selain pariwisata dan perikanan, Kaimana juga terus membenahi sektor pertanian dan perkebunan guna meningkatkan perekonomian warga setempat.

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022