Prajurit gabungan TNI Angkatan Darat Korem 181/PVT dan Kepolisian Resor Sorong Kota bersinergi membersihkan sampah plastik yang bertebaran di pesisir Kelurahan Malawei, Distrik Sorong Manoi, Rabu.

Bakti sosial tersebut dilakukan lantaran sampah plastik yang bertebaran di pesisir pantai sehingga bisa berakibat buruk bagi kesehatan masyarakat sekitar.

Kasi Ter Kasrem 181/PVT Letkol Inf Prasetyo Djoko mengatakan bahwa kerja sama TNI dan Polri terjalin dalam berbagai aspek bukan hanya antara institusi saja, tetapi juga peduli kepada kepentingan masyarakat yang lebih besar.

Dikatakan bahwa hal tersebut diwujudkan dengan bersama-sama membersihkan sampah plastik yang bertebaran yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan masyarakat di Pelabuhan Rakyat Kelurahan Malawei, Distrik Sorong Manoi.

Kegiatan pembersihan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan, sehingga menjadikan kota Sorong menjadi bersih dan asri.

Selain itu, kata dia, juga untuk menghindari dampak buruk bagi kehidupan manusia yang diakibatkan dari mengkonsumsi ikan yang sudah terkontaminasi oleh mikro plastik.

"Saya mengajak mengimbau kepada warga masyarakat yg ada di pelabuhan rakyat untuk sadar dalam hal kebersihan terutama saat membuang sampah. Kita malu sebagai warga masyarakat Indonesia kalau tempat kita kotor dan jorok, kita malu sama turis asing kalau pantai kita sangat kotor dan jorok," ujarnya.

Ditambahkan bahwa masalah sampah plastik ini tugas pemerintah daerah, TNI dan Polri saja, tetapi semua komponen masyarakat sadar membuang sampah pada tempatnya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022