Bupati Manokwari Hermus Indou mengapresiasi kegiatan pelaku bisnis khususnya bidang otomotif untuk ikut terlibat dalam memajukan perekonomian daerah.

"Pelaku bisnis otomotif yang ada di Manokwari dan punya uang, tapi tidak membawanya keluar daerah ini, mereka membangun kabupaten ini untuk seluruhnya patut mendapat apresiasi dan penghargaan," ujar Hermus saat membuka di Manokwari, Jumat.

Hermus mengatakan pelaku bisnis otomotif tersebut selama ini menunjukkan kepemilikan mobil dengan memakai plat PB (kode plat kendaraan Papua Barat) bahkan jika kendaraan tersebut ada di luar Manokwari.

Ia pun mengharapkan pelaku bisnis lainnya ikut mencontoh teladan tersebut karena masih ada yang mendapatkan manfaat pembangunan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tetapi membawa keuntungannya ke luar daerah.

"Itu yang membuat APBN kita yang mengendap di Perbankan hanya dari Januari sampai Desember tetapi setelah itu uang lari ke luar Manokwari," keluh dia.

Ia berharap para pelaku bisnis di Manokwari terus mengembangkan bisnis dengan anggapan pengembangan bisnis akan membuka lebar peluang lapangan kerja baru untuk masyarakat luas.

Selain lapangan kerja, pengembangan bisnis di Manokwari dipercaya dapat menumbuhkan investasi dan peningkatan daya saing daerah serta peningkatan pendapatan daerah dari sisi pajak

"Kita berharap Manokwari tidak tertinggal dengan daerah lain dan bisa berkompetisi serta menunjukkan kualitasnya," kata Hermus.

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022