Wali Bupati Tambrauw, Papua Barat, Mesak Metusala Yekwam mengatakan pembangunan sektor pariwisata di daerah tersebut mengalami kemajuan baik infrastruktur maupun promosi.

"Gencarnya pengembangan pariwisata Kabupaten Tambrauw dimulai 2018 namun pandemi COVID-19 pada akhir 2019 menjadi kendala utama sebab anggaran pembangunan lebih banyak digunakan penanganan pandemi," kata Wakil Bupati Mesak Metusala Yekwam di Tambrauw, Kamis.

Dia mengatakan bahwa meskipun banyak hambatan dan kekurangan tetapi pembangunan sektor pariwisata di masa kepemimpinannya dan Bupati Gabriel Asem yang akan berakhir pada 22 Mei 2022 ada kemajuan.

Menurut dia, pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Tambrauw ada kemajuan dan bisa dikatakan sudah mencapai 50 persen. Pembangunan infrastruktur dasar di setiap destinasi wisata sudah diletakkan dengan harapan akan ditingkatkan oleh pemimpin selanjutnya.

Kabupaten Tambrauw adalah daerah konservasi mempunyai potensi alam yang luar biasa indah untuk menarik banyak kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dikatakan bahwa banyak program sudah dilakukan terutama pembangunan sarana pendukung di destinasi wisata serta promosi ke tingkat internasional.

"Namun upaya tersebut belum maksimal apalagi dengan adanya wabah virus corona yang melanda Indonesia bahkan dunia saat Kabupaten Tambrauw sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan sektor pariwisata," ujarnya.

Dia berharap agar program pembangunan pariwisata yang sudah dilakukan tersebut dapat dilanjutkan oleh pemimpin selanjutnya agar lebih memajukan perekonomian masyarakat terlibat khusus mereka yang bergerak di bidang pariwisata.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022