Sekolah Dasar Negeri 3 merupakan satu-satunya SD unggulan dengan predikat akreditasi A plus di wilayah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat.

Kepala Sekolah SD Negeri 3 Kabupaten Sorong Jumadi di Sorong, Senin, mengatakan bahwa sekolah tersebut telah mendapat akreditasi A plus pada November 2021.

Dia mengatakan bahwa perolehan predikat sekolah unggulan tersebut atas penilaian terhadap fasilitas, keseimbangan jumlah guru dan rombongan belajar, jenjang dan mutu pendidikan bara guru, dan proses belajar mengajar yang berjalan baik.

Ia menjelaskan bahwa proses proses belajar mengajar berjalan sesuai dengan baik sesuai ketentuan. Fasilitas memadai dan guru baik PNS maupun honorer semua berpendidikan sarjana atau S1.

Selain itu, rombongan belajar dan jumlah guru seimbang. Kepentingan siswa diutamakan sehingga nilai kelulusan memuaskan dari tahun ke tahun.

"Hal tersebutlah yang menjadi kunci penilaian bahwa SD Negeri 3 merupakan sekolah dasar unggulan di Kabupaten Sorong," ujarnya.

Dikatakan bahwa pencapaian menjadi sekolah unggulan melalui kerja keras dan perjuangan panjang. Sebab sekolah unggulan tidak lagi mendapat bantuan selain mengelola dana BOS dengan baik untuk kesejahteraan siswa dan kemajuan sekolah.

"Salah satu kekurangan adalah jumlah guru namun kami menutupi kekurangan tersebut dengan mengadakan guru honor yang biayai dengan dana BOS sehingga jumlah guru seimbang dengan rombongan belajar," tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022