Komandan Korem 181 Praja Vira Tama Sorong Brigjen TNI Wawan Erawan memimpin langsung para prajuritnya bersama warga masyarakat untuk membersihkan sampah plastik yang bertebaran pada sejumlah tempat umum di Kota Sorong, Kamis.

Brigjen Wawan Erawan di Sorong, Kamis, mengatakan kegiatan bakti sosial itu dilakukan dalam rangka menyambut HUT ke-59 Korem 181/PVT sekaligus melestarikan budaya kebersamaan dan gotong-royong yang telah menjadi ciri khas dan nilai luhur bangsa Indonesia.

"Tujuan diadakan karya bakti ini adalah  untuk membangun soliditas yang kokoh antara sesama prajurit TNI dengan Pemda dan komponen masyarakat lainnya, sehingga diharapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat yang selama ini terbina dengan baik akan bertambah lebih baik lagi," ujarnya. 

Melalui kegiatan dimaksud, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran, partisipasi dan peran serta masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Danrem mengingatkan bahaya yang diakibatkan oleh sampah plastik.

Sesuai hasil penelitian, katanya, sebagian ikan di laut telah terkontaminasi dengan mikro plastik. 

"Kalau ikan yang terkontaminasi dengan partikel mikro plastik dikonsumsi maka itu sangat berbahaya bagi tubuh kita. Kegiatan karya bakti ini sangat bermanfaat bagi kebersihan Kota Sorong," ujar Jenderal bintang satu itu.

Adapun sasaran kerja bakti yang dilaksanakan yaitu di Terminal Remu Kota Sorong, Bandara DEO Sorong, Taman Sorong City, Tugu Trikora Sorong dan Taman Makam Pahlawan Tri Jaya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022