Wasior, (Antaranews Papua Barat)-Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi menargetkan nilai B dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 sehingga menjadi kabupaten pertama di Provinsi Papua Barat yang menorehkan nilai terbaik.

Sejauh ini nilai SAKIP tertinggi yang pernah diberikan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten/kota di Provinsi Papua Barat adalah CC yang bermakna cukup memuaskan.

Itupun hanya 4 kabupaten yang pernah meraihnya pada 2017, salah satunya adalah Kabupaten Teluk Wondama.

Menurut Bupati saat ditemui di Wasior, Selasa, dari empat kabupaten itu, Teluk Wondama menjadi kabupaten yang diandalkan Pemprov Papua Barat untuk bisa mencapai nilai B di tahun ini. 

“Dari empat kabupatan yang sudah CC, Provinsi upayakan supaya ada yang B dan kita Wondama yang paling diharapkan. Provinsi (Papua Barat) harapkan kita Wondama bisa keluar sebagai kabupaten yang dapat B,"kata Imburi

Meskipun bukan hal yang mudah, Imburi optimistis Wondama bisa mencapai nilai untuk pertama kalinya di tahun ini. Karena itu dia menantang semua pimpinan OPD tidak menjadi pejabat ‘gedi’ alias banyak bicara tanpa ada bukti. 

Namun memperlihatkan keseriusan dan kesungguhan melalui kinerja yang optimal yang dibuktikan dengan laporan kinerja yang terukur dan akuntabel.

“Saya harapkan kita pertama di Provinsi ini yang dapat B.  Kalau kita tidak dapat B kita semua tidak hebat, kita semua ‘gedi’ saja. Tapi saya percaya bapak ibu semua kita bisa dapat B,"ucap orang nomor satu Wondama ini. 

Pemerintah Teluk Wondama saat ini sedang menggenjot kinerja seluruh OPD. Para pimpinan OPD dilarang keluar daerah hingga Desember 2018.

Selain menargetkan 100 persen penyerapan anggaran hal itu dilakukan agar laporan keuangan pemerintah daerah terjadi peningkatan signifikan.(*)

Pewarta: Zack T Bala

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018