Manokwari, (Antaranews Papua Barat)-Rombongan peserta kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Sumatera Utara menyambangi Rumah Kreatif Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dikelola PT Telkom Indonesia Manokwari,Selasa.

Fasilitator RKB Manokwari, Meldy Anita pada Seminar RKB yang dikoordinir Bank Mandiri di Manokwari tersebut, mengatakan dunia usaha terus berkembang seiring perkembangan teknologi.

Pelaku usaha di Manokwari, kata dia, tak hanya didominasi oleh orang tua. Seiring berjalanya waktu, anak muda dan pelajar pun saat ini sudah menggeluti sektor usaha.

Saat ini, lanjutnya, RKB sedang mendorong pemanfaatan jaringan internet untuk pengembangan usaha. Digitalisasi usaha diyakini dapat membuka peluang pasar yang lebih luas bagi pelaku usaha.

"Adik-adik juga bisa mencoba, sepulang dari Manokwari kalian bisa menciptakan  produk lalu dijual secara online," kata Meldy .

Sudah banyak pelaku usaha di Manokwari yang memanfaatkan sistem penjualan online, meskipun belum sebanyak pelaku usaha di wilayah Jawa dan Sulawesi.

RKB sedang mendorong agar pemanfaatan jaringan online pada dunia usaha di Manokwari terus meningkat. Selain melakukan pelatihan keuangan, RKP juga melakukan pelatihan perbaikan kualitas produk, penggunaan internet dan bertransaksi secara online.

RKB memanfaatkan aplikasi belanja.com untuk membantu pemasaran produk-produk unggulan daerah. Cukup banyak pelaku usaha di daerah ini yang memanfaatkan aplikasi tersebut.

"Dari Manokwari, rata-rata yang dijual adalah karya unit. Sudah cukup banyak dan kami terus menggenjot agar lebih banyak produk yang dipasarkan," sebutnya.

Penjangkauan UMK terus dilakukan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan dunia digital.

"Sistem online lebih efisien, tidak ribet dan pasarnya lebih luas. Jangan manfaatkan internet untuk hal-hal yang kurang baik, tapi manfaatkan untuk mencari penghasilan," kata dia lagi.(*)

 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018