Manokwari,(Antaranews Papua Barat)-Komando Distrik Militer 1703/Manokwari, Papua Barat, menggelar aksi berbagi 5.000 lembar bendera mini merah putih di lima kabupaten.

Dandim 1703/Manokwari, Letkol Inf Hendriek Paulus Mote di Manokwari, Sabtu, mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat bersyukur atas kemerdekaan yang diraih Indonesia pada tahun 1945.

"Kegiatan ini untuk menyambut sekaligus memeriahkan hari ulang tahun proklamasi Republik Indonesia. Kita tidak ikut berjuang saat penjajahan dan untuk menyukuri serta menghormati para pahlawan mari pasang bendera untuk bulan agustus ini," kata Mote.

Ia menyebutkan, pembagian bendera dilaksanakan di 30 titik dengan menyasar para pengendara. Selain Kodim, personil yang terlibat pada kegiatan ini adalah personil Koramil dan Babinsa.

"Di lima kabupaten yang menjadi wilayah teritorial Kodim Manokwari, meliputi Manokwari sendiri, Manokwati Selatan, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni dan Teluk Wondama," kata Dandim.

Selain pembangian pendera, lanjut Mote, sejak 1 Agustua 2018 ia mengoptimalkan peran Babinsa di setiap wilayah untuk melakukan imbauan agar masyarakat memasang bendera di depan rumah masing-masing.

Ia mengutarakan, Indonesia sudah 73 tahun merdeka sebagai bangsa berdaulat. Para pahlawan memagang andil besar atas kemerdekaan ini.

"Kita tentu wajib bersyukur bisa menikmati kemerdekaan ini. Negara yang aman, bisa melaksanakan berbagai kegiatan positif dengan nyaman. Kita menyimak, masih banyak negara yang krisis keamanan dan masyarakatnya resah tidak seperti kita di Indonesia," sebutnya lagi.

Dandim mengajak masyarakat, memafaatkan kemerdekaan ini dengan kegiatan positif, membangun bangsa sesuai profesi masing-masing.

"Untuk adik-adik pelajar dan mahasiswa manfaatkan waktu untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Siapkan diri untuk menyambut masa depan," sebutnya lagi.(*)

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018