Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XIV Sorong, Papua Barat, melakukan vaksinasi terhadap nelayan yang baru pulang melaut sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19 di daerah itu. 

Vaksinasi yang berlangsung di pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jembatan Puri, Kelurahan Klaligi, Kota Sorong, Kamis itu, terlihat disambut antusias para nelayan, terutama anak buah kapal (ABK) ikan.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XIV Sorong Laksma TNI Imam Musani mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi merupakan program "Serbuan Vaksinasi" masyarakat maritim dalam membantu pemerintah memutus mata rantai penularan COVID-19.

Kegiatan ini, kata dia, selain dalam rangka memperingati HUT Ke-76 TNI AL juga untuk mendukung target pemerintahan Presiden Joko Widodo terkait dengan vaksinasi dua juta orang sehari.

Kegiatan vaksinasi ini juga berdasarkan perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL untuk terus berperan aktif melaksanakan tugas "Serbuan Vaksinasi" kepada masyarakat maritim guna memutus mata rantai penularan COVID-19 di wilayah masing-masing menuju Indonesia sehat dan bebas dari pandemi COVID-19.

Ia menjelaskan bahwa sasaran vaksinasi terhadap nelayan yang baru pulang melaut karena selama ini mereka beraktivitas lama mencari ikan di laut dan tidak sempat mengikuti vaksinasi.

"Sehingga nelayan yang baru pulang melaut divaksinasi agar imun mereka bertambah saat mereka menjalani kehidupan di darat," kata dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021