Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Papua Barat, menyatakan bahwa dalam sepekan terakhir terdapat 12 pasien positif COVID-19 sembuh sehingga total jumlah pasien sembuh 5.824 orang.

"Sepekan ini hanya ada penambahan satu orang kasus positif baru sehingga total kasus terkonfirmasi positif sebanyak 5.933 kasus," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Sorong Ruddy Rudolf Lakku di Sorong, Selasa.

Dia mengatakan bahwa dalam pekan ini tidak ada pasien terkonfirmasi COVID-19 yang meninggal dunia sehingga total kasus meninggal dunia akibat COVID-19 masih tetap 92 orang.

Dia mengatakan penambahan kesembuhan 12 pasien positif COVID-19 sehingga persentasi kesembuhan di Kota Sorong mencapai 98,16 persen.

Dia mengatakan kasus positif COVID-19 mulai berkurang dan angka kesembuhan cukup tinggi menunjukkan kerja sama pemerintah dan masyarakat untuk sama-sama menerangi COVID-19

Ia mengharapkan masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan agar penerapan PPKM Kota Sorong secepatnya turun dari level 3 ke level 2, bahkan ke level 1.

Dia menjelaskan angka kesembuhan tinggi dalam sepekan ini bukan berarti virus corona sudah tidak ada.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat yang tidak mempunyai kepentingan penting untuk keluar rumah harus tetap tinggal di rumah untuk menekan angka penularan virus.

Ia mengatakan bahwa hasil pemeriksaan laboratorium masih ada warga positif COVID-19. Hal itu menunjukkan bahwa penularan virus itu masih terjadi di daerah setempat.

"Mari kita terapkan protokol kesehatan yakni rajin cuci tangan, selalu gunakan masker, jaga jarak dan hindari kerumunan demi melindungi diri dan keluarga dari penyebaran COVID-19," kata dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021