Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, menyatakan bahwa sepekan ini terdapat 23 pasien positif COVID-19 sembuh sehingga total yang sembuh mencapai 5.748 orang.

"Sepekan ini hanya ada penambahan satu orang kasus positif baru sehingga total kasus terkonfirmasi positif sebanyak 5.892 kasus," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Sorong, Ruddy Rudolf Lakku di Sorong, Selasa.

Dia mengatakan bahwa penambahan sembuh 23 pasien positif COVID-19 sehingga persentase kesembuhan di Kota Sorong mencapai 97,6 persen.

Dia mengatakan bahwa sepekan ini pula tidak ada pasien terkonfirmasi positif meninggal dunia. Angka kematian akibat COVID-19 masih tetap 91 orang.

Menurut dia, penambahan sembuh sebanyak 23 orang dalam sepekan ini bukan berarti virus Corona sudah tidak ada.

Karena itu, Ruddy mengimbau kepada masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Dikatakannya bahwa Kota Sorong sedang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 karena itu dia berharap agar masyarakat yang tidak mempunyai kepentingan penting untuk ke luar rumah mohon tetap tinggal di rumah saja untuk menekan angka penyebaran virus.

Ia meminta hilangkan pandangan bahwa virus corona sudah tidak ada sebab hasil pemeriksaan laboratorium masih ada masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19 menunjukkan virus masih ada.

"Mari kita terapkan protokol kesehatan yakni rajin cuci tangan, selalu gunakan masker, jaga jarak dan hindari kerumunan demi melindungi diri dan keluarga dari penyebaran COVID-19," tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021