Komando Armada (Koarmada) III Sorong, Papua Barat, menggelar vaksinasi gratis dosis pertama bagi warga Pulau Soop Sorong yang kesulitan transportasi umum laut menuju Kota Sorong untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi.

Kegiatan Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim dari TNI Angkatan Laut bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas di Pulau Soop Sorong yang merupakan kampung Bahari Nusantara, Sabtu, ini ditinjau oleh Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah didampingi pejabat tinggi TNI AL dan juga TNI AD serta Kepolisian.

Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi hari ini merupakan lanjutan dari kegiatan serbuan vaksin bagi masyarakat maritim yang telah dilaksanakan hari-hari sebelumnya.

Kegiatan vaksinasi tersebut guna mendukung program vaksinasi satu juta orang sehari sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Dia mengatakan bahwa animo masyarakat untuk vaksinasi di Pulau Soop yang tinggi hanya saja yang menjadi kendala adalah transportasi untuk menjangkau lokasi pelaksanaan vaksinasi.

Karena itu, panitia menjemput masyarakat dengan menggunakan kendaraan bermotor roda tiga di tempat tinggal mereka masing-masing menuju lokasi pelaksanaan vaksinasi.

"Selesai vaksinasi warga diantar pulang kembali ke tempat tinggal mereka masing-masing," ujar Panglima Komando Armada III.

Dia mengatakan bahwa Pulau Soop Sorong merupakan kampung Bahari Nusantara binaan TNI Angkatan Laut Komando Armada III sehingga tidak sulit untuk edukasi menerima vaksinasi.

"Kami juga terkenal kurangnya tenaga medis untuk melakukan vaksinasi berpindah-pindah tempat dari pulau ke pulau. Kita khawatirkan tenaga medis ini kelelahan bahkan terpapar COVID-19, namun mudah-mudahan tidak demikian serta mereka dilindungi Tuhan demi perjuangan untuk kesehatan masyarakat," ujarnya.

Ditambahkan, Pulau Soop Sorong masih banyak kekurangan yakni kesulitan transportasi umum laut untuk menjangkau Kota Sorong, belum ada listrik, akses jalan belum bagus yang membutuhkan perhatian bersama.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2021