Manokwari, (Antaranews Papua Barat)-Tim Search And Rescue (SAR) dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari, Papua Barat, memfokuskan siaga pengamanan di tempat-tempat rekreasi perairan daerah tersebut.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari, Ludi Yanto, Minggu mengatakan pada hari ketiga lebaran 2018 sejumlah tempat rekreasi di wilayah Kabupaten Manokwari, Teluk Bintuni, Teluk Wondama dan Manokwari Selatan mulai dipadati pengunjung.

"Sudah seperti tradisi bagi masyarakat, saat libur panjang setelah hari raya Idul Fitrhi maupun Natal tempat-tempat rekreasi selalu padat dan sebagian besar tempat rekreasi di wilayah kerja kami adalah perairan," kata dia.

Untuk itu, lanjut Ludi, pantai menjadi fokus siaga dan pengamanan. Hal ini dilakukan untuk memberi rasa nyaman bagi masyarakat yang sedang menikmati masa liburan.

Ia menyebutkan, puluhan personil SAR disebar di sejumlah pantai yang selama ini menjadi tujuan rekreasi masyarakat.

"Di Manokwari, kami tempatkan personil  di Pantai Pasir Putih, Bakaro, Sidey dan Pantai Undi. Di Teluk Wondama dan Teluk Bintuni kami juga sudah punya Kantor Unit Siaga," sebutnya.

Ludi mengutarakan, sejauh ini belum ada kejadian menonjol. Cuaca di wilayah Manokwari dan sekitarnya pun terpantau cukup bersahabat.

Meskipun demikian, ia berharap masyarakat tetap berhati-hati dalam mengisi waktu liburan.

"Waspada itu perlu dalam kondisi apa pun. Kami juga imbau masyarakat segera memberi informasi kepada personil kami di lapangan jika ada kejadian," ujarnya.
Selain patroli perairan, Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari siaga di pesisir pantai untuk memberi rasa nyaman bagi masyarakat yang sedang mengisi masa liburan di tempat rekreasi (foto/Antaranews Papua Barat/Arsip Badan Pencarian dan Pertolongan Manokwari)
Ia menambahkan, total personil SAR yang disiagakan dan turun lapangan pada masa libur lebaran tahun ini sebanyak 58 orang. Selain tempat rekreasi, personil juga masih berjaga-jaga di Posko Pengamanan Lebaran bersama anggota TNI, Polri, Perhubungan serta instansi terkait lainya.

"Dengan luasnya wilayah kerja kami yang meliputi lima kabupaten dan sebagian besar merupakan wilayah perairan, sejatinya personil kita masih kurang. Yang ada ini kami optimalkan dan mereka wajib siaga setiap saat ketika dibutuhkan," ucapnya.(*)

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018