Sebanyak 273 warga Sorong Kepulauan, Provinsi Papua Barat, menerima sertifikat tanah gratis yang diserahkan Presiden Jokowi secara virtual, Senin.

Dalam penyerahan sertifikat tanah gratis dalam rangka hari agraria dan tata ruang tersebut, Presiden Jokowi berpesan agar masyarakat memanfaatkan sertifikat tanah itu hal-hal yang menguntungkan.

Kepala Badan Pertanahan Kota Sorong Poltak Silitonga mengatakan masyarakat yang menerima sertifikat tanah gratis tahun ini adalah warga Distrik Sorong Kepulauan yakni Pulau Ram dan Pulau Soop.

Menurut dia, tidak ada syarat khusus bagi masyarakat Kota Sorong untuk mendapatkan sertifikat tanah gratis dalam program tahun ini. Namun pemilik tanah harus dapat membuktikan bahwa tanah tersebut adalah benar-benar miliknya serta berada di luar kawasan hutan.

Dia berharap masyarakat yang telah menerima sertifikat tanah gratis tersebut menyimpan dokumen itu dengan baik. Serta dapat memanfaatkan sertifikat tersebut untuk kepentingan bisnis yang menguntungkan.

Selain sertifikat tanah gratis bagi masyarakat, kata dia, PBN dalam program tahun ini juga memberikan sertifikat gratis bagi 250 bidang tanah aset pemerintah daerah, gereja, dan masjid yang selama ini belum tersertifikasi.

"Program itu dilakukan agar masyarakat memiliki sertifikat tanah secara sah serta menghindari aktivitas mafia tanah yang selama ini marak di Indonesia," tambah dia.
 

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2020