Sorong, (Antaranews Papua Barat) -Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia akan menerangi 12 Kampung Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat dengan memberikan bantuan lampu tenaga surya.

Bupati Tambrauw Gabriel Asem di Sorong, Kamis mengatakan, bantuan tersebut akan diwujudkan tahun ini sebagai bukti keseriusan pemerintah pusat dalam pembangunan wilayah pedesaan Papua Barat.

Dia mengatakan, jumlah bantuan sebanyak 500 lampu tenaga surya. Lampu tersebut akan dibagikan bagi masyarakat yang tersebar di 12 kampung di Kabupaten Tambrauw.

Selain bantuan lampu tenaga surya, kata dia, pemerintah daerah juga meminta Kementerian ESDM membangun lampu penerangan jalan dari Sausapor sampai Bandara guna menunjang aktivitas masyarakat di malam hari.

"Kementerian ESDM akan berupaya membantu Pemerintah Kabupaten Tambrauw guna mengatasi masalah kekurangan energi tersebut untuk kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa Menteri ESDM telah meninjau kondisi jalan penghubung Sorong dengan Kabupaten Tambrauw yang menjadi jalur utama transportasi darat untuk mobilisasi barang dan manusia dalam keadaan rusak dan memprihatinkan.

"Mantan Menteri Perhubungan itu berjanji kepada pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Tambrauw akan menyampaikan kondisi jalan tersebut kepada Kementerian PU atau Presiden agar menjadi perhatian," ungkapnya. (*)

Pewarta: Ernes Broning Kakisina

Editor : Ernes Broning Kakisina


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018