Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Kodim 1801 Manokwari menyemprotkan cairan disinfektan di dua pasar tradisional dalam kota Manokwari, Papua Barat, Sabtu.

Selain Pasar Sanggeng dan Pasar Wosi, penyemprotan juga dilakukan di dua terminal yang lokasinya bersebelahan dengan dua pasar tersebut.

Dandim 1801 Manokwari Kolonel Inf J.Lumbantoruan di sela kegiatan tersebut mengutarakan, pasar merupakan fasilitas umum yang menjadi pusat pertemuan dan kegiatan transaksi jual beli. Penyemprotan dilakukan untuk mencegah potensi penyebaran di lokasi tersebut.

"Kodim punya program yang kami namakan Serbuan Teritorial. Dalam program ini seluruh personil di wilayah teritorial Kodim Manokwari kita fokuskan dalam upaya mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Corona," kata Lumbantoruan.

Selain pasar, sebelumnya Kodim juga melakukan pemyemperotan di Pelabuhan dan Bandara. 

"Tiada kata henti untuk membasmi virus corona ini dan Kodim 1801 Manokwari akan selalu siap memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengimbau masyarakat mengikuti intruksi pemerintah dalam penangan pandemi ini. Sosial distancing atau pembatasan dalam interaksi sosial harus diterapkan bersama-sama.

Menurut dia, membutuhkan kesadaran dan tindakan bersama dalam mencegah virus mematikan ini. Seluruh lapisan masyarakat harus terlibat agar corona tidak mewabah di Manokwari.

"Untuk sementara tidak usah bepergian ke luar daerah, tidak membuat kerumunan, jaga jarak bila bertemu, jangan bersentuhan, sering cuci tangan pakai sabun dan menggunakan masker bagi yang sakit," ucap Dandim.

Kegiatan penyemprotan cairan disinfektan yang melibatkan hampir 100 personil ini dilaksanakan sebelum para pedagang membuka tempat usahanya. Itu dilakukan agar tidak mengganggu aktivitas perdagangan di pasar tersebut.***



 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2020